Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito phone:07117083057 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Sabtu, 06 November 2010

Tips Cara Memandikan Kelinci

Pecinta dan hobies kelinci pasti bingung baca informasi yg di internet. Ada article yg bilang ga boleh mandiin kelinci, ada yg bilang mandi kering, ada yg bilang boleh mandi kelinci, dan ada yg bilang mandi separuh basah, ga boleh full badan. Nah, mau percaya souce yg mana. Selepas saya survey ke sana sini, ternyata jawaban beda beda tergantung iklim negara dan culture negara.

1. Buat kelinci yg di Jepang, kelinci dianjur vet mandi dalam 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Kerana orang Jepang fanatik dgn kebersihan, jadi mereka percaya kelinci harus sering sering dimandiin utk jaga kebersihan. Paling kelinci ga dimandiin di musim dingin.


2. Orang Eropa & US pasti ga setuju dgn cara grooming orang Jepang. Mereka percaya kelinci tu super stress jika dimandiin. Jadi sebaiknya hindarin mandi kecuali memang perlu sekali, takut kelinci stress berat & sakit. Jadi kelinci di US & Eropa jarang sekali dimandiin. Apalagi disana ada musin dingin yg super dingin, so just forget about it.

3. Kalau di Indonesia, kelinci dimandiin gimana? Boleh ga...boleh kerana cuaca disini panas, kelembapan tinggi, utk menjaga kebersihan kelinci, lebih baik kelinci dimadiin.

Di Eropa & US, cuaca kering & kelembapan rendah. Gampang sekali buat mereka jaga kebersihan kelinci. Kelinci ga gampang kotor & ga bau. Tapi di Indo kerana cuaca yg beda, kelinci gampang stress & jadi kotor & berbau. Jadi ga salah buat kita mandi kelinci. Kelinci memang bisa stress waktu pertama kali dimandiin, pet jenis lain juga mengalami hal yg sama. Tapi jika sering dimandiin, lama lama kelinci akan terbiasa dan ada yg malah suka mandi.


Berikut Ada 20 Langkah Memandikan Kelinci


01. Siapkan perlengkapan mandi kelinci, sebelum kita memulai memandikannya. krn semuanya harus sistematis. jgn nanti selesai mandi baru cari2 hairdryer or handuknya. bisa kedinginan kalo lama cari2 barangnya dulu. antara lain bak mandi, alas utk menyabuni kelinci, beberapa handuk bersih yg kering, sisir, bedak, hairdryer (ini wajib utk jenis bulu panjang) dsb






02. Masukkan air hangat suam kuku kedalam 1/4 ukuran bak mandi kelinci.



03. Masukkan kelinci dgn perlahan ke dalam bak mandi. ingat selalu arahkan kelinci membelakangi kita, utk mencegah cakarannya ke muka atau tubuh kalo mrk berontak




04. Siram perlahan kelinci dgn air hangat dari arah belakang ke depan. hati2 jgn sampai masuk ke telinga, hidung dan mulut. bila perlu dan kelinci sudah biasa, boleh ditutup telinganya dgn kapas. agar tidak termasuki oleh air


05. Pijat-pijat dan sibak rambut kelinci dgn jari tangan, agar air dapat masuk sempurna sampai kedalam





06. Berikan shampoo merata ke seluruh tubuh. boleh pake shampoo bayi yg bebas perih dimata atau shampoo kitten (bayi kucing).



07. Sekali lagi pijat-pijat lembut agar shampoo benar2 merata. pijatan juga bisa membuat senang bagi kelinci sebagai terapi utk tulang punggungnya





08. Bersihkan bagian tubuh yg susah dijangkau mereka atau mudah kotor, seperti bagian luar dan dalam telinga, sekitar anus dan telapak kaki. bersihkan dgn lembut

09. Bilas hingga bersih dgn air hangat agak shampoonya hilang. lakukan dengan segera. walau boleh mandi kasihan juga kalo direndam lama2 dalam air.

10. Pindahkan ke bak lain yg masih bersih, dan bilas sekali lagi utk memastikan agar shampoo or conditionernya benar2 sempurna hilang dari tubuh





11. Angkat dan tiriskan dgn handuk bersih yang kering. handuk yg lembut lebih bagus dari handuk kasar. krn akan melindungi tubuhnya dari gesekan ketika mengeringkan mereka.



12. Ganti handuk dgn yg masih kering, terutama jenis bulu panjang yg akan memakai sedikitnya 3 lapis handuk sekali mandi, krn banyak sisa air yg harus segera dikeringkan.

13. Pada langkah ini, kelinci dapat dijemur dulu dalam kandang atau diangin2kan kalau cuaca mendukung. kalau tidak pengeringan menggunakan hairdryer jauh lebih baik.



14, Atur suhu panas hairdyer dgn sensor alami tangan kita sendiri. kalo tangan terasa panas, jauhi hairdyer dari badan kelinci. krn mereka juga merasakan hal yg sama. lakukan pengeringan di barengin dengan tetap mengeringkan dgn handuk bersih kering.

15. Jangan lupa nengeringkan bagian tubuh yg susah mereka bersihkan sendiri, seperti bagian dalam telinga. gunakan cottonbud dan baby oil utk membersihkannya



16. Setelah bagian atas kering dan bersih, jgn lupa balikkan kelinci utk mengeringkan bagian bawahnya. pastikan seluruh tubuh kelinci benar2 kering. agar tidak mengaundang jamur atau bakteri bersarang di bulunya yg masih lembab.

17. Taburi bedak (bisa pake bedak bayi atau bedak kitten juga), utk membantu proses pegeringan, dan mencegah kutu, serta menambah harum ketika nanti bermain dgn kita
18. Biar tambah cantik, lakukan pedi meni utk mereka. bagi kelinci yg belum jinak banget, better pengguntingan kuku dilakukan sebelum mandi. guna mencegah cakaran mereka kalo panik. (kelinci kagetan lho, takutnya nanti denger suara panci jatuh lagi mandi bisa lompat tuh)

19. Jangan lupa menggunting bulu2 di bagian dalam/bawah kelinci. terutama disekitar anus dan kemaluannya. agar peenya tidak menempel di bulu. serta menjaga higienis pada mereka


20.Selesai sudah LANGKAH SEDERHANA MEMANDIKAN KELINCI. kalo udah rapih gini, tinggal ajak jalan2 dan beri dia segera makanan dan minuman. biasanya sih mrk akan langsung lahap makan. krn proses ini sangat membuat lapar kelinci atau pemiliknya. maklum deh. minimal 1 jam proses diatas diperlukan
ok para penyayang kelinci. sekarang udah jelas apa yg selama ini kita kuatirkan, tidak akan membuat kelinci kesayangan kita menjadi sakit atau mati. bahkan cara seperti inilah yg telah mencuri perhatian para juri, ketika bella ikut lomba kemarin. selain bersih, nurut, wangi pula karena teraphy diatas juga berguna utk mendekatkan diri kita terhadap kelinci. mrk semakin kenal dgn kita dan pasti menurut tentunya.

Tips lain yg perlu diperhatikan:

1.kenali karakter kelinci yg akan dimandikan. kalo lagi badmood, better tunda dulu aja.
2.perlakukan dgn baik dan lembut, kalo perlu ajak ngobrol agar tenang dan tidak berontak
3. saat ini sudah ada jenis handuk penyerap cairan yg tinggi semacam plas chamois/kanebo yg khusus untuk hewan. sangat dianjurkan sekali krn daya serapnya yg tinggi. shg mempercepat proses pengeringan rambut kelinci.
4. saat memakai hairdyer, perhatikan kabelnya jgn berada di muka kelinci. pengalaman, suka digigit dan bisa berbahaya buat kita dan kelinci.
5.posisi kita yg memandikan harus hati2 agar jgn sampai kena akibat dari kelinci (terutama yg besar) yg meronta dan melompat. kuku kelinci bisa merobek kulit lho. tanah keras aja sanggup digali tuh!
6. jangan memandikan kelinci yg kelihatan kurang fit atau masih berumur dibawah 3 bulan
7. jangan paksa kelinci utk mandi. apalagi yg gak terbiasa kena air, bisa kapok dan trauma nantinya. utk kasus ini cukup dilap dgn kain basah bersih, sebagai terapi awal sebelum mandi basah.
8. usahakan sebisa mungkin kita sendiri yg memandikan, utk lbh mempererat hubungan emosional kita dgn mereka. ini berlaku bukan hanya utk kelinci aja.

sumber website hebat
Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Trim's atas infonya,....aq suka kleinci tapi gak pernah awet memeliharanya,......info yang bermanfaat sekali lagi sy ucapkan terima kasih

sabila mengatakan...

tingkatkan untuk awet memeliharanya agarntidak sakit atau mati

ndy88 mengatakan...

namanya juga hewan kesayangan...mandiinbya juga mesti penuh kasih sayang ya...
kaya bayi yah....
makasih gan info nya

alfinurul mengatakan...

klo klinci dibawah 5 blan kira2 dah boleh dimandiin blom yaa???

ira yuliani mengatakan...

thnks banget infonya ..

ira yuliani mengatakan...

thnks banget infonya ..

Poskan Komentar