Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Rabu, 10 November 2010

Problem Kelahiran Anak-anak Kelinci

Beberapa problem dibawah ini mungkin banyak dialami para peternak pemula ataupun para penghobi pemula. Problem pada induk yang baru melahirkan dan anaknya semua mati karena sang induk tidak merawatnya dengan baik.


Hal-hal yang merugikan anak kelinci, antara lain :
a) Induk terganggu atau ketakutan, induk merasa terganggu dan ketakutan karena suatu hal , misal : adanya hewan buas seperti tikus, kucing, anjing dan ular ataupun orang asing ( orang tidak merawat sehari-harinya ) keluar masuk melihatnya ,


b) Induk kelinci mengalami Keguguran ( induk kelinci melahirkan tidak pada waktunya )

c) Melahirkan diluar kotak sarang, sehingga anak kelinci kedinginan dan mati

d) Induk yang sudah melahirkan dan merasa ketakutan/kebingungan , maka induk akan sering keluar masuk/meloncat-loncat ke kotak sarang dan mengakibatkan anak kelinci terinjak-injak oleh induk. Ini berakibat pada kematian anak kelinci
e) Induk gagal memberikan ASI kepada anak kelinci. Apabila menemukan anak kelinci 2 s.d. 3 hari tidak mendapatkan ASI dari induknya, maka anak akan mengalami kematian. Supaya tidak terjadi kematian anak kelinci , 1 s.d. 2 hari perlu dilakukan pemeriksaan pada anak kelinci, apabila ditemukan anak kelinci tidak mendapatkan ASI dari induk, maka anak kelinci harus segera dititipkan pada induk lain yang melahirkan waktunya bersamaan dan jumlah anaknya sedikit.
f) Induk tidak mempunyai sifat keibuan,walaupun induk mempunyai banyak ASI, tetapi tidak mau merawat dan mengasuh anaknya dengan baik, maka berakibat anak kelinci menjadi kurus dan mati.

g) Induk yang mempunyai sifat kanibal.Beberapa hal yang menyebabkan induk menjadi kanibal , antara lain :
- Induk merasa sangat terganggu dan ketakutan.

- Air minum dan makanan jumlahnya dan mutunya sangat kurang.
-
Anak yang baru lahir mati dan terluka

- Karena keturunan


Untuk mencegah terjadinya problem-problem diatas, diperlukan usaha pencegahan antara lain :


Induk yang akan melahirkan tidak boleh terganggu atau ketakutan, jangan lupa disiapkan kotak sarang yang sempurna untuk melindungi anak-anaknya.
Makanan dan minuman harus cukup dan berkualitasUntuk induk yang mempunyai sifat kanibal /makan anak-anaknya terus menerus saat melahirkan, alangkah baiknya jangan dipeliharaatau piasahkan kelinci yang Baru Lahir dan digabungkan dengan indukan lain yang sedang meyusui juga
Beberapa hal terpenting yang perlu diperhatikan terhadap kelinci yang baru lahir :
Pemeriksaan terhadap anak kelinci.
Setelahdua hari induk melahirkan, maka kita perlu melakukan pengecekan terhadap anak kelinci. Apakah kondisi anak yang baru lahir kondisi sehat, cacat atau mati . Anak kelinci yang mati harus segera diambil karena akan menimbulkan penyakit. Pada saat melakukan pemerikasaan supaya induk tidak takut dan marah, sebaiknya induk diberikan makanan untuk mengalihkan perhatian sehingga induk menjadi tenang.

Menjaga Keselamatan anak kelinci
Supaya keselamatan anak kelinci terjamin perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini :Disiapkan kotak sarang yang sempurna , sehingga anak kelinci akan terlindung dengan aman terhadap panas, dingin dan tiupan angin. Kotak sarang digunakan induk saat melahirkan, dimana pada usia 9-10 hari anak kelinci belum berbulu dan matanya masih menutup. Pada usia 19-20 hari anak kelinci baru mau meninggalkan sarang dan ikut makan rumput bersama induk kelinciAnak kelinci harus terlindung dari induk yang kadang kanibal yaitu induk yang makan anaknya sendiri. Hal ini disebabkan karena induk merasa panas dan haus . Untuk mencegah induk kanibal harus selalu disediakan makanan hijauan yang segar dan minuman yang cukup.


Induk kelinci yang produktif akan melahirkan anak kelinci antara 6-8 ekor , bahkan ada yang 12 ekor. Bagaimana dengan anaknya 12 ekor sementara puting induk hanya 8 ? supaya anak kelinci dapat tumbuh dengan bagus, alangkah baiknya kelebihan anak tersebut dapat dititipkan dengan induk yang lain yang waktunya bersamaan melahirkan . Hal ini juga dapat diterapkan pada induk yang tidak mau menyusui anaknya.Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menitipkan anak kelinci pada induk yang lainUsia anak kelinci yang

Memindahkan anak kelinci yang terlampau banyak
dititipkan dengan anak kelinci induk yang dititipi harus sama/sebaya , maksimal jarak kelahiran 4 hariJumlah anak kelinci yang dititipkan jangan melebihi kemampuan induk kelinci yang dititipi. Untuk mencegah induk yang dititipi tidak mau merawat anak kelinci yang dititipkan, beberapa tips dari peternak untuk mengolesi bayi kelinci dengan bau-bauan seperti minyak kayu putih atau yang lain. Hal ini supaya bau anak kelinci dengan anak kelinci yang dititipkan sama. Dari pengalaman kami tips ini tidak membuahkan hasil, bayi kelinci yang dititipkan tetap saja tidak disusui bahkan digigit oleh sang induk. Cobalah bayi yang akan dititipkan digosokkan ke kemaluan si induk, maka dengan cara ini hasilnya lebih baik, bayi dapat diterima dilingkungan anak aslinya.

22 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mau nanya nih. saya punya kelinci sepasang 1 laki dan 1 perempuan. kelinci saya punya anak 6 tapi sekarang anak kelinci saya pada kehausan dan ibunya tidak mau menyusuinya di siang hari, dan saya tdk mempunyai kelinci yang sdg menyusui. apa yang harus saya lakukan? apakah dgn susu formula blh? kalau boleh merek apa yg boleh? katanya dgn susu kambing bisa tapi disini susah carinya. thanks

the ferli mengatakan...

indukan saya setelah melahirkan seminggu kemudian 3 ekor mati semua..apa penyebabnya? dan bagaimana solusinya..? lalu gimana cara merawat anaknya setelah di tdk ada indukan lg....? plis solusinya....thanks..

Abu Syafwan mengatakan...

induk kelinci biasa menyusui malam hari sampai menjelang subuh shg harus dipastikan apa benar klc Anda tdk menyusui.kelinci tdk mau menyusui mungkin baru pertama kali stress atau ada penyakit kelenjar susu. Utk amannya hari ke 1 sampai 3 lakukan latihan menyusui bagi induk kelinci. caranya masukkan induk kelinci ke keranjang yg pas buat badan dia aja (kalau saya pake box/krat coca cola) baru anaknya masukkan dibawah perut induk tunggu sampai perut anak kembung atau sampai anaknya tidur.

Abu Syafwan mengatakan...

untuk anak yg ditinggal mati induk, bisa dititip asuh ke induk lain. kalau tidak ada maka kandang perlu dikasih lampu pijar 10 - 15 watt untuk memberi hangat, kasih susu kambing atau susu khusus kelinci ( 40 rb per kg). susu formula bayi 0-6 bulan bisa cuma masih kurang bagus ( saya belum berhasil pake susu formula).

lia mengatakan...

saya lia dari surabaya
saya mau tanya kelinci saya tadi malam mengeluarkan janin 2 buah
didalam kotaknya dan dalam keadaan belum sempurna lalu mati
induk pun 2 hri ini juga tidak mau keluar dari kotak dan sedikit
makan. itu kira2 kenapa ya? apakah sang induk keguguran? trus saya
harus bagaimana? ini kehamilan yang kedua. pada kehamilan pertama
alhamdulillah bayi kelinci sehat sampai sekarang.

oktafirdaus mengatakan...

Maaf Mas,mohon informasinya,kalau mau beli susu khusus kelinci dmn ya?

alialboo mengatakan...

saya evi dari jakarta
saya mau tanya, anak kelinci saya kakinya terinjak saat masih bayi dan sekarang setelah sudah berumur dua bulan kakiya jadi lurus, dia merangkak bukan melompat. apa yang harus saya lakukan agar dia bisa berjalan normal seperti kelinci yang lain?

Unknown mengatakan...

saya kan ngelahirkan kelinci anaknya ada 4 mati 1
itupun lahirnya berceceran kemana2 nah kalo induknya kasi asi ke anaknya saya harus megangngin induknya dulu...nah..pas 1-2 hari tidak di kasi asi tuh lemes gitu kepalanya naik ke atas terus lemes gitu deh...tapi 2anak lain BAIK2 aja....terus gmn tuh...saya bingung diapakan ya ??

Unknown mengatakan...

saya kan ngelahirkan kelinci anaknya ada 4 mati 1
itupun lahirnya berceceran kemana2 nah kalo induknya kasi asi ke anaknya saya harus megangngin induknya dulu...nah..pas 1-2 hari tidak di kasi asi tuh lemes gitu kepalanya naik ke atas terus lemes gitu deh...tapi 2anak lain BAIK2 aja....terus gmn tuh...saya bingung diapakan ya ??

rhea mengatakan...

klinci saya baru beranak sekali tetapi setelah mencoba mengawinkn lg iduknya ko' gk hamil2

rhea mengatakan...

klinci saya baru beranak sekali tetapi setelah mencoba mengawinkn lg iduknya ko' gk hamil2

rhea mengatakan...

klinci saya baru beranak sekali tetapi setelah mencoba mengawinkn lg iduknya ko' gk hamil2

Unknown mengatakan...

Kelinci saya yang pertama lahir anak nya 4..tapi semua mati dimanakan induknya sendiri..kemudian yg kedua lahir 4 lagi tp juga dimakan induk nya yang dua..sekarang tinggal dua yg masih hidup..saya pisah..padahal pakan dan minumnya tidak pernah telat ataupun kurang .. solusi nya gimana..anak tetap dipisah apa disatukan kembali sama induknya..takut nya kalo nanti dimakan lagi....makasih

Unknown mengatakan...

Kelinci saya baru melahirkan anak nya cuma 1.. Berapa lama jeda waktu kelahiran anak yg satu dengan yang lain.. Ini udah 6 jam tapi blum keluar lagi..

Rudi Hartono mengatakan...

Oh hebat juga bisa melahirkan anak kelinci. Ilmu darimana yang dipake nih hahahah

Unknown mengatakan...

Master b0leh ksih jwban,klinci sy awal kali beranak cma 2 ankan sja.
Apkah slmany akan branak cma 2 ek0r sja
Trmaksh

Unknown mengatakan...

Master b0leh ksih jwban,klinci sy awal kali beranak cma 2 ankan sja.
Apkah slmany akan branak cma 2 ek0r sja
Trmaksh

Unknown mengatakan...

Semalam kelinci saya lahiran 6 ekor pas sy cek pagi ini mati semua, pdhal disusuin sma induknya semalem...

Unknown mengatakan...

Kelinci saya melahirka tapi dari vaginanya keluar kaya usus iti tolong solusinya dong soalnya daranya keluar trus

Nadii moe mengatakan...

Kasus yg sama, punya ku jg gitu gan..

Unknown mengatakan...

Coba di kawin sendiri

Unknown mengatakan...

Sama kelinci sy jg melahirkan 1 anak, padahal sebelumnya udh pernah melahirkan 6 anak tapi mati semua karena gak ketauan dan masih digabung sm kelinci jantan

Posting Komentar