Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Kamis, 25 November 2010

Atasi Kembung dan Diare/Mencret Pada Kelinci


Pada saat musim hujan biasanya menjadi bagian yang cukup merepotkan bagi penghoby dan peternak kelinci karena pada musim ini biasanya mulai timbul penyakit kembung dan mencret pada kelinci walaupun faktor hujan bukanlah merupakan faktor utama pemicu dari penyakit ini seperti pakan yang diberikan dan sanitasi kandang juga bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit.
Hijauan yang diberikan untuk pakan kelinci harus dilakukan pelayuan. Pelayuan itu maksudnya supaya chlorophyl yg ada didaun menjadi tidak aktif. Pelayuan biasanya kurang lebih 6 jam. Jadi tidak tergantung cuaca karena bukan dijemur melainkan diangin anginkan. Pada saat pemberian hijauan jangan diberi minum, karena chlorophyl akan aktif kembali dan akan mengeluarkan gas dan membuat kelinci menjadi kembung.
Nah..yang jadi pusing adalah bagaimana penanganannya ketika hal itu terjadi pada hewan kesayangan kita. Penyakit ini merupakan faktor pembunuh nomor satu bagi peliharaan kelinci jika tidak segera ditangani.
Beberapa obat tradisional dan pabrikan sudah banyak tersedia, tetapi terkadang tidak juga efektif mengatasinya bahkan berujung pada kematian.

Hasil bedah kelinci, terlihat gelembung udara (photo deddy youri ahmad )


Untuk mengetahui kelinci kembung (gas/timpani), pada perutnya terdengar bunyi yang agak berisik atau malah diam sama sekali, kelinci berprilaku berbeda dari kebiasaan sehari-hari, jika kelinci ditempatkan secara berkelompok maka akan menyendiri, mata kelinci setengah tertutup, bergerak sedikit dan telinga terasa agak dingin. Bisa juga kelinci berposisi aneh, sulit berjalan dengan posisi tiarap, menjauhi makanan, tidak makan/minum, bernapas cepat, perut terasa keras atau lunak dan ketika kelinci diangkat maka tidak terlihat ada kotoran atau basah. Biasanya temperatur tubuh kelinci akan semakin dingin sehingga perlu dihangatkan, bisa diselimuti atau perutnya dihangatkan dengan botol yang berisi air hangat.Berikan obat  kembung/gas untuk mengeluarkan gasnya dan upayakan kelinci untuk minum selanjutnya makan.



Obat Diare dan Kembung Kelinci yang direkomendasikan :

1 )Obat mencret/diare :Intertrim LA (suntik, isi 100 ml digunakan untuk indukan dosis 0,1 ml per Kg berat badan  atau Intertrim oral 1000 ml (untuk anakan dan indukan, buatan Interchemie Holland)

2)Obat mencret/diare : contrimvets oral / diminumkan langsung (buatan spain) pemberian pertama 0,1 ml per Kg berat badan, hari ke dua dan ke tiga 0,2 ml (untuk ukuran kelinci dewasa, anakan menyesuaikan). Terbukti ampuh mengatasi segala macam jenis diare. Beberapa breeder dengan kelinci import juga menggunakan obat ini untuk mengatasi diare yang terjadi dipeternakan mereka. Saya sendiri sudah mencobanya dengan hasil memuaskan.

3) Obat Kembung : Permenthyl 5% atau kalau di Kelinci Wongkito menggunakan  Enroten (dalam sediaan bubuk dicampur air minum dan minumkan langsung selama 3 sampai 5 hari pemberian atau merk lain dengan kandungan enrofloxacin).




Cara penanganan :

  1. Pisahkan kelinci yang terkena mencret/diare dari komunitas lain di kandang
  2. Ganti pakan rumput segar (boleh  pakai rumput hay) dan gantikan dengan pakan konsentrat /pelet khusus kelinci
  3. Beri obat mencret/diare secara oral (pake spet) apabila diare belum parah (parah : indikasi kotoran sudah berair). Tetapi kalau sdh parah harus dengan obat injeksi. pengalaman saya jika kembung dan mencret baru terjadi beri saja cotrimvets atau enroten dalam beberapa hari akan sembuh. Untuk menambah energi berikan air gula sedikit.


4. Tetapi kalau sudah parah beri obat  yang mengandung antibiotik (kami biasa pakai contrivets dengan cara diminumkan setiap 4 jam sekali dan lakukan dalam 3 hari berturut-turut dan biasanya tiga kali pemberian kotoran kelinci sudah tidak encer lagi. Sedangkan kalau diare baru maka satu kali pemberian sudah mampet tetapi pemberian obat tetap dilakukan terus sampai minimal 3 hari. Alternatif lain, intertrim oral, kalau yang injeksi pakai aja intertrim LA (100 ml, dosis 0,15 ml per kg berat badan). atau Limoxin (0,1 ml per Kg berat badan). Jika semua obat susah dicari, kasih diapet (dewasa dibagi 3) dan antibiotik Cotrimoxazole 480 mg (banyak dijual diapotik dan murah harganya).

5. Biasanya kalau diare kelinci akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sehingga kelinci akan menjadi lemas, untuk itu bisa diberi cairan elektrolit dan vitamin (nutristress bagus, disamping sebagai vitamin juga berfungsi sebagai pengganti cairan elektrolit) atau bisa diberi larutan oralit.

6. Bersihkan kandang dengan disinfectant untuk memutus rantai penyebaran bakteri ke kandang lain.
7. Berdo'a kepada Allah, memohon kesembuhan karena kesembuhan datangnya dari Allah


Sekarang kalau obat-obatan khusus kelinci susah dicari, maka ada beberapa alternative solusinya berdasarkan pengalaman para peternak kelinci yang sudah berhasil mencobanya :

1) Untuk diare ringan bisa gunakan obat warung DIAPET (dosis 1/3 tablet), jika agak parah bisa digabung dengan antibiotik yang dapat dibeli di apotik namanya Cotrimoxazole 480 mg isinya sulfametoksazol dan trimetoprim.
2) Kalau diarenya tdk parah biasanya dikasih BIDIUM beli diapotik dan dosisnya hanya setengahnya dicampur air dan dicekoki ( pake spuit suntikan. tapi kalau sudah agak parah ( berair ) pake IMODIUM beli diapotik juga dan dosisnya setengah tablet saja dan hasilnya sangat menolong
 
3) Ada beberapa peternak yang menggunakan obat-obatan herbal untuk mengatasi mencret dengan tolak angin cair / antangin air + madurasa. perbandingan 1:1. Biasanya kelinci mencret gak mau makan, madu sebagai sumber energinya. tolak angin/antangin sebagai "antibiotik" yg relatif herbal utk pencernaannya. caranya, campur madu + tolak angin /antagnin, lalu di-oral ke mulutnya pake spet. rutin, dikontrol trs. biasanya dikasih setiap 4 jam sekali.. Saat feses cair mulai mampet, pemberian tolak angin /antangin + madu masih tetap jangan dihentikan. hanya frekuensi dikurangi.
4) Obat manusia lainnya yang dapat digunakan seperti Cotrimoxazole sirup generik,cuma 5ribu perak diapotik.. (antibiotik untuk ganguan percernaan oleh bakteri/kuman) selain rasa buahnya yg disukai,,juga aman,dipipetin oral 3x sehari. Kalau mencretnya karena amouba,berarti dtambahkan aja Metrodinazole sirup generik....ato karena kembung..kembungnya dulu diusir dng antangin,jadi poinnya harus jeli melihat mencretnya karena  apa.

5) Untuk mengatasi kembung bisa gunakan Waisan, Antangin cair, Mylanta, atau obat-obatan sakit maag yang banyak dijual dipasaran.

Ok..Semoga membantu Anda dalam menangani masalah kembung dan mencret/diare pada kelinci kesayangan Anda. 

Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

17 komentar:

Kelinci Purwodadi mengatakan...

terima kasih master..

lukman9x mengatakan...

harga obat mencret berapa???

Anonim mengatakan...

saya mau nannya klinci saya skarang lgi mencret...tdi saya baca artikel diatas katnnya bisa dikasih diapet .tpi saya gak tau caranya ngasih diapet ke dia gmna???pliss ditunggu ya jawabannya trus badannya jd kotor semua kena kotorannya sebaiknya kelincinya diapakan yaa?????katannya klinci dbawah 1 thun blm boleh dimandikan?????

Anonim mengatakan...

mohon solusi secepatnya yaa
saya gak mau klinci kesayangan saya sampe mati
hiks...hiks..

RM Rezza Aryo mengatakan...

Diapetnya digepuk, jadi seperti bubuk, dicampur dengan sedikit air gula(airmya sedikit loh ya

Manda Kharisman mengatakan...

bagaimana cara mengobati kelinci yg sudah kembung akut dan tidak mau makan ? mohonbantuanya.

JIOE"S BLOG mengatakan...

^ kasi antangin cair, selang 2 jam kasi mylanta, dosisnya setengah dewasa aja...


Unknown mengatakan...

aku juga punya kelinci 2, salah satu dari mereka ada yang mencret, karena kandang nya digabung, jadi yang satu nya lagi juga kena mencret. Bulu mereka pun jadi kotor. Hingga kelinci yang satu nya itu mati. Bagaimana agar mencegah agar kelinci tak mudah terkena mencret? Dan obat nya beli dimana? Harga nya berapa?

hudi mengatakan...

Kelinciku mencret truz gk mau makan gimana ngobatinya truz ada gak obt tradisionalnya

hudi mengatakan...

Kelinciku mencret truz gk mau makan gimana ngobatinya truz ada gak obt tradisionalnya

Unknown mengatakan...

terimakasih tips nya... kelinci aku 1 udah mati.. satu lagi dengan lagi sakit kembung .. smoga bisa sembuh ..

Unknown mengatakan...

Kelinci saya msh 2 bln. Poop nya sempat mencret dan kelinci terlihat lemas. Saya pakai new diatabs, digerus dan diambil sedikiiit ajaa dicampur dengan madu 1-2 tetes. Kmdiab Dikasih air hangat sedikiit hanya utk melarutkan. Jika tdk ada pipet, gunakan jari kita. Kelinci suka dgn rasa madunya sehingga dia akan makan obatnya. Kemudian berikan pelet yg dicocol dgn madu diujung peletnya..berikan menggunakan tangan 1 per 1. Dijamin kelinci nya lahap.

Unknown mengatakan...

Bener engga nih

Unknown mengatakan...

Bener engga nih

Unknown mengatakan...

setelah itu cara ksh minumnya bagaimana


pliss jawabb

Unknown mengatakan...

Setiap punya kelinci yang kembung mencret pasti tidak tertolong meskipun sudah saya obatin 😢😢

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah tiga hari yg lalu kelinci kena mencret tapi skrg dah sembuh..aku ksh DIAPET yg di larutkann dgn air dan di campur madu...diberikan dgn cara di sepet...dan skrg kekinciku dah sht tapi msh tetap aku ksh madu..😊😷

Posting Komentar