Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Senin, 15 November 2010

Obat-obatan dan vitamin yang wajib dimiliki Untuk Kelinci




Memelihara kelinci merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bisa untuk menghibur diri dengan melihat tingkah lakunya sekaligus bisa juga sebagai tambahan ekonomi. Di sisi lain kadang kita dipusingkan dengan kondisi kelinci yang tiba- tiba sakit bahkan mati mendadak. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya faktor makanan (mengingat pencernakan kelinci yang peka terhadap makanan), perubahan cuaca serta akibat serangan penyakit.
Diluar faktor makanan tadi yang cukup dominan penyebab kematian pada kelinci adalah serangan cuaca serta perubahan cuaca. Kembung dan mencret merupakan faktor dominan yang menjadi penyebab utama kematian pada kelinci. Untuk selalu menjaga kesehatan kelinci diatas kami menyarankan agar kelinci secara berkala diberikan vitamin (misal vitamin B Komplek, Introvit 4WS, Nutristress, dsb) hal ini untuk menjaga kondisi kelinci agar fit serta tahan terhadap kondisi yang bisa memicu terjadinya stress dan penyakit.
Pencegahan lebih baik daripada mengobati, petuah ini memang layak dipraktekkan. Tetapi terkadang perlu juga ditambah dengan kata bijak "sedia payung sebelum hujan". Ya..persediaan obat-obatan sangat dianjurkan bagi peternak dan penghobi kelinci, terutama obat-obatan untuk mengatasi penyakit umum yang sering terjadi pada kelinci. Cukup banyak obat- obatan khusus kelinci yang tersedia di pasaran.

medicine

gbr. www.wixxrabbit.net

Beberapa Tips untuk persediaan obat-obatan :

  1. Sebaiknya pilihlah obat-obatan yang sudah teruji dipeternakan, alasannya sederhana.. peternak besar tentunya mempunyai investasi yang tidak sedikit untuk ternaknya dan mereka tidak akan main-main dengan obat yang tidak teruji keampuhannya karena bisa jadi bumerang bagi kelangsungan peternakannya. Ada sharing dari pecinta kelinci ketika kelincinya diare dia kasih obat yang dia beli dengan kandungan obat "A" ternyata tidak sembuh, dibawa ke dokter hewan dikasih obat lain (merk lain) tetapi kandungannya juga sama dan cepat sembuh. Jadi beli obat tidak asal murah tetapi yang jadi pilihan adalah kualitasnya dan sudah teruji depeternakan.
  2. Carilah obat yang sistem penggunaannya mudah dan efisien, ya kalau bisa sekali atau dua kali sudah bisa menyembuhkan kenapa tidak, daripada obat yang murah tetapi 1 atau 2 minggu baru sembuh, disamping repot juga selisih harga dengan obat yang berkualitas juga jadi sama aja.
  3. Idiom yang berkembang bahwa obat dengan cara suntik lebih efektif dibanding dengan cara oral sama sekali tidak benar. Dokter hewan jarang sekali melakukan pengobatan dengan cara menyuntik. Kalau ada obat alternative pengganti dari obat yang pemakaiannya injeksi/disuntikkan sebaiknya pilih yang pengaplikasiannya dengan cara oral/diminum. Khasiat obat oral bermutu sama saja dengan cara disuntikkan bahkan lebih baik dari obat suntik yang biasa saja. Pertimbangan lain adalah obat oral lebih murah (apalagi tidak perlu jarum suntik dan alkohol) dan aman termasuk Anda yang tidak mahir menggunakan jarum suntik.
  4. Aturan pakai serta dosis perlu diperhatikan, jangan asal saja karena dosis yang tidak sesuai mengakibatkan resistansi kelinci terhadap obat-obatan selanjutnya dan dapat juga mengganggu kesehatan kelinci itu sendiri.
  5. Simpanlah/stok obat-obatan umum yang biasa digunakan seperti (Obat scabies, Obat kembung, obat mencret, vitamin). Obat-obatan untuk kelinci yang bermutu mempunyai tanggal kedaluarsa yang cukup panjang ( 3 sampai 4 tahun). Jika harga obat untuk ukuran besar terasa mahal (karena obat yang bagus biasanya tersedia dalam kemasan besar) sebaiknya bisa berbagi dengan penghobi lainnya sehingga harga dapat terjangkau. Atau belilah ditempat-tempat yang dapat dipercaya tentang keaslian obat-obatan yang ditawarkan (penjual ini biasanya juga sebagai penghobi kelinci sehingga non profit oriented tetapi demi kemajuan kelinci di Indonesia).
  6. Jangan terpengaruh terhadap promosi obat-obatan yang ada. Kalau kita perhatikan sekarang lagi marak semua jenis obat, ada yang khusus untuk pilek, cacingan, mencret, kembung, scabies,etc. Semua dibuat khusus (sah-sah saja sih "just a bussiness"). Bagi orang awam, tentunya semua harus dibeli buat persediaan, padahal tidak harus begitu. Sebagai contoh obat Kepormec yang kami tawarkan fungsinya bisa untuk menyembuhkan scabies dan segala macam penyakit kulit (demodex, ear mite, dll), bahkan bisa juga untuk mengobati penyakit cacingan. Ada juga obat kami yang mempunyai khasiat multi guna yang digunakan untuk mengatasi kembung, mencret/diare, ileran, gangguan saluran pernafasan,CRD. Anda bisa menghemat duit kan.
  7. Cari info tentang lokasi dokter hewan di sekitar anda hal ini untuk penanganan lebih akurat terhadap penyakit2 yang kita tidak mampu menangani sendiri demi koleksi kesayangan kita. Atau info kontak person breeder yang dapat membantu memberi saran kepada Anda pada saat Anda membutuhkan
  8. Terakhir berdo'a baik untuk kesehatan kelinci maupun kesembuhan kelinci kita karena sebaik apapun perawatan kita, sebaik apapun obat yang kita berikan maka kesehatan dan kesembuhan datangnya dari Allah.


Kami di Kelinci Wongkito akan membantu Anda untuk mendapatkan obat-obatan dan multi vitamin bagi kesehatan kelinci Anda. Obat-obatan dan Vitamin yang kami sediakan adalah obat-obatan bermutu tinggi (bukan generik) tetapi untuk harga tidak jauh dari harga obat sejenis (generik) yang beredar di pasaran dan yang ditawarkan disitus-situs internet. Obat dan vitamin yang bermutu biasa digunakan dipeternakan besar sehingga kemasan yang ada juga kemasan besar, hal ini untuk menekan harga obat dan vitamin tersebut untuk pemakaian skala besar. Tetapi di Kelinci Wongkito obat dan vitamin tersebut bisa kami share dengan sistem repack (dikemas ulang dalam kemasan kecil) agar harga terjangkau dan volume obat serta vitamin tersebut sesuai dengan kebutuhan kelinci yang Anda miliki  saja.

Untuk keterangan dan informasi lanjut tentang penyakit dan solusi obat yang diperlukan dapat menghubungi kami "Kelinci Wongkito". Semoga dengan ketersediaan obat-obatan dan multi vitamin dari kami akan membantu pekembangan kelinci untuk hari esok yang lebih baik.


Salam Kelinci

2 komentar:

sabila nutriala syaputri mengatakan...

saya tinggal di bandung, di jl. cihanjuang saya tidak tahu dimana mencari obatnya,

jawab ya pak

wassalam wr.wb

Rumahku Surgaku mengatakan...

Pak saya khawatir anak anak saya kena scabies karena kelinci saya kena scabies,kalo kena, saya ga Tau Persis apa gara gara scabies atau nggak,obatnya apa ya.

Posting Komentar