Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Minggu, 06 Juni 2010

Penyakit Sore Hock atau Sore Feet pada Kelinci

tanda sore hock (source gbr: http://www.cottontails-rescue.org.uk)

Nama penyakit kali ini secara umum adalah Sore Hock yang dikalangan medic disebut Pododermatitis , koq ada kata sore ..e jangan salah dulu sore disini bukan sore hari tetapi memang dikalangan medis hewan namanya sore hock atau Sore Feet. Secara awam orang akan mengambil kesimpulan jika terdapat gejala penyakit ini sebagai scabies padahal berbeda.

Tanda-tanda penyakit ini adalah terjadinya kerontokan bulu dibawah kaki kemudian kaki tampak kemerahan karena terluka.

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor :
1. Kelinci terlalu lama berdiri menggunakan tumpuan kakinya
2. Alas kandang yang kuran nyaman, biasanya yang menggunakan alas kawat

Penanganannya :
1. Bersihkan kaki yang sakit dengan air hangat dicampur antiseptic atau bisa juga pakai rivanol
2. Beri obat luka yang biasa dipakai manusia bisa betadine atau garamicyn (yg mengandung antibiotik), atau dengan obat khusus berbentuk spray.
3. Beri alas kandang dengan tambahan alas seperti papan atau keramik 

Kalau kondisi sakit sudah parah maka bisa dibantu dengan membuat perban pada kaki kelinc, dan buat bantakan pada bagian yang sakit. Perban harus diganti setiap hari sampai sembuh.






Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

14 komentar:

yudhi mengatakan...

kelinci w bulu kakinya pada rontok sebelah kiri trus kya ada bekas borok gtu,kira-kira itu penyakit sore hock bukan?
sebelumnya c kelinci w di semutin

Abu Syafwan mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya.
Penyakit sore hock itu menyerang telapak kaki kelinci. mungkin kelinci yudhi terkena luka karena terjepit kandang atau coba perhatikan lagi disekitar luka ada kerak putih tidak kalau ada kemungkinan kelinci terkena scabies.kalau scabies segera diobati karena penyebarannya cukup cepat dan dapat menular ke yang lain

blurz kuromaru mengatakan...

Salam kenal..
Lngsung 2 the point yah..

1. Saya punya kelinci anggora..udah hmpir 2minggu ini penyakitan..awalnya pinggiran kupingnya mengeras n kaku..lama lama makin parah smpe ada bekas sprti retak n brdarah..skarang mulai nyebar ke kaki..yg kaki sngat parah krna udah gag ada bulunya karna digigit ama klincinya n skarang dy sring gigit2 kakinya smpe bdarah n brnanah..
Kira2 pnyakitnya apa yah?
Lalu pngobatanya gimana?ada obat yg tradisional/gampang didapat ga?cz dsini jauh dr.hewan n tkut mahal..

2. pngalaman sya 2 klinci sya mati kejang2..apa pnyebab kejang itu?apa bisa dideteksi sbelum dia kejang2 n mati?apa pngobatan/perawatanya?

3. Fuzzy loop sya mulut sampai kaki depan basah,sperti "ngiler" tapi ga berhenti2..apa pnyebabnya dan pengobatanya?Mohon dijawab scepatnya..takut mati lagi..soalnya sbelum ini pernah klinci sya sprti ini n pas pagi sudah mati..

Mohon jawabanya scepat mungkin yah pa/bu..via e-mail atau di laman ini..
Trimakasih banyak..

Abu Syafwan mengatakan...

@just
1.Bisa jadi kelinci Anda terkena scabies.Untuk pengobatan traditional kalau sudah parah agak susah, tetapi bisa dicoba dengan menggunakan minyak kelapa (oli) dicampur bawang merah dan cuka putih dioleskan 2 kali sehari. sampai sembuh. Untuk obat scabies saat ini ada yang cukup diminumkan dan biaya cukup murah dibanding obat injeksi/suntik sehingga Anda yang jauh dari dokter bisa menanggulangi sendiri penyakit ini. Stock obat ini tidak rugi karena penyakit scabies hampir selalu terjadi pada hewan kelinci akibat kebersihan kandangyg tdk memadai.
2. kejang bisa dari cuaca atau makanan. sebaiknya kandang ditutup sama plastik agar hembusan udara malam berkurang. bisa juga karena kelinci kembung krn terlalu banyak gas didalam lambung.
3.Kemungkinan kena radang paru. pengalaman saya menggunakan obat enroten dalam 5 hari sudah sembuh.
Maaff trelambat jawab semoga kelinci Anda sehat

Raisin mengatakan...

kelinci saya juga mengalami penyakit seperti ini
kerontokan bulunya sudah sampai ke samping, dan memerah
dia selalu berontak jika dikasih betadine,mungkin karena perihnya itu ya
apakah ada obat yang lain?, yang bisa digunakan??
kalo diperban saya belum bisa karena selalu dicopot sama kelincinya..

Reza_aka mengatakan...

ada video utk merbani nya gk ???
cara pake in perban ke kelincinya gmna ?

alfima mengatakan...

kelinci saya juga, kakinya merah terus bagian pantatnya selalu basah, terus klo berdiri itu gak bisa diem karena kakinya selalu aja gerak (mungkin kesakitan) bulunya rontok, kira2 gimana solusinya? terus obat yang cocok untuk kakinya dan bisa dibeli diapotek n harganya terjangkau apa ya? mohon dijawab segera, karena udah mulai parah

alfima mengatakan...

Mohon Segera Di jawab karena Mulai parah!!!

Irda mengatakan...

mau tanya donk...
kelinci saya mati mendadak kenapa ya?? sebelumnya sehat lincah doyan makan, makanan yang sedang diberikan wortel, tidak ada kerontokan pada bulu termasuk dikakinya baik baik saja. tapi yang aneh memang sering banyak semut disekitar kandang termasuk kadang kadang saya menemukan beberapa ekor semut dibadannya, padahal kandangnya sehari 2 kali saya bersihkan! tolong dong informasinya, soalnya sekarang saya baru beli kelinci lagi, dan saya gak mau hal itu terulang lagi.. trima kasih..

Irda mengatakan...

mau tanya donk...
kelinci saya mati mendadak kenapa ya?? sebelumnya sehat lincah doyan makan, makanan yang sedang diberikan wortel, tidak ada kerontokan pada bulu termasuk dikakinya baik baik saja. tapi yang aneh memang sering banyak semut disekitar kandang termasuk kadang kadang saya menemukan beberapa ekor semut dibadannya, padahal kandangnya sehari 2 kali saya bersihkan! tolong dong informasinya, soalnya sekarang saya baru beli kelinci lagi, dan saya gak mau hal itu terulang lagi.. trima kasih..

t0f1q mengatakan...

Sudahlah

Unknown mengatakan...

Kelinci saya luka kaya gitu di bagian kaki depannya ko dia ngga bisa jalan yak? Kasih tau info nya kak

Info Sekilas mengatakan...

Kelinci saya kena sore hock , pas di obatin , terus di diamkan selama beberapa menit , si kaki yang tadinya di obatin , suka di jilatin .

Apa itu berpengaruh terhadap luka nya ?

Nisita Fitriana mengatakan...

Kalo penyakit yg pertama saya tau. Penyakit yang pertama yaitu Scabies. Bisa cari tau di internet

Posting Komentar