Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Minggu, 06 Juni 2010

Penanganan Penyakit Pilek dan "ILERAN" pada Kelinci

Kondisi 4 hari sakit
Penyakit ini dikenali dengan gejala seperti hidung berair, dagu basah dan berbau, muka kusut, nafsu makan kurang, nafas terdengat berbunyi. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida (P. multocida) yang dapat mengakibatkan gangguan keluhan pada kelinci namun secara umum berdampak pada gangguan sistem pernafasan atau disebut secara umum sebagai pasteurellosis atau ketika menyerang ke sistem pernafasan biasa disebut (CRD complex / Complicated Chronic Respiratory Disease atau komplikasi saluran pernafasan kronik) .


.
Kondisi kelinci semakin parah,makannya disuapi.

Penyakit ini dapat menular ke kelinci lain dalam satu hunian dan perlu diwaspadai (dari berbagai sumber yang saya baca bakteri penyakit ini bisa juga menyerang ke manusia). Beberapa kali kasus penyakit ini ditemui di kandang kelinci wongkito. Indukan kelinci yang sedang menyusui, anakan kelinci, dan kelinci yang sedang bunting pernah mengalami kasus yang sama.
Penyakit ini bisa terjadi akibat dari suhu udara yang berubah secara ekstrim, dimana perbedaan udara dingin dan panas yang tidak menentu. Biasanya siang hari suhu udara sangat panas sekali.
Kalau tidak segera dilakukan pengobatan dalam beberapa hari kelinci akan mengalami sesak nafas hebat dan mengakibatkan kematian.


Langkah pengobatan :
Antibiotik yang tepat dapat mengatasi kondisi di atas. Untuk kasus ringan satu kali pemberian antibiotik sudah menunjukkan kesembuhan. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan dalam 3 sampai 5 hari untuk membunuh tuntas bakteri pencetus penyakit tersebut. Obat yang tersedia ada yang berupa injeksi subkutan (suntik dibawah permukaan kulit) atau yang diminumkan (dalam sediaan cair dan bubuk).
Dari Keisogie Rabbitry disaranin suntik pake BIO TYLO (sekali suntik biasanya langsung sembuh). atau pakai obat oral, QUINOVET F dengan dosis 0,2 ml selama 3 hari berturut turut.

Kebetulan ada obat-obatan kelinci saya (Enroten) yang juga kandungannya sama dengan obat yang direkomendasikan di atas sebagai antibiotik untuk mengatasi CRD (isi enrote adalah enrofloxatin) dimana obat ini dalam sediaan bubuk. Saya coba buat campuran sesuai dosis yang ada diiberikan lewat oral dengan memanfaatkan alat suntik yg dibuang jarumnya.
dosis enrofloxatin 10 mg/kg berat badan atau yang dianjurkan 0,2 sampai 0,5 ml (selama 3 - 5 hari). Kendalanya obat stok saya isinya 100 gram isinya 100 mg enrofloxatin, buat ngitung dosis rumit juga ( tujuannya biar mendekati dosis yang direkomendasikan tadi). Setelah dihitung-hitung campuran obat untuk dijadikan larutan maka harus mencampur 0,5 gr dalam 5 ml air. Setelah komposisi obat jadi, tinggal sesuaikan dosis dan cekoki kelinci menggunakan spet suntikan. Untuk menambah stamina kelinci, dapat diberikan multivitamin.

Alhamdulillah pada saat saya memberi makan malam hari, kelinci-kelinci tersebut menunjukkan kesembuhan ( baru pemberian satu kali, dan bulu di dagu sudah tidak basah lagi), dan paginya saya lihat bulu didagu sudah kering sama sekali . Pemberian obat tetap saya lanjutkan sampai 5 hari sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang direkomendasikan agar pengobatan benar-benar tuntas. Sampai sekarang ngga kambuh lagi penyakitnya.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Itu obat kelinci untuk pilek bisa di beli di mana ya? kelinci saya juga pilek T.T

Thanks

Abu Syafwan mengatakan...

di beberapa breeder jual koq. kalau susah bisa sms saya di 07117083057 nanti bisa dikirim. obat ini bisa juga untuk mengatasi diare pada kelinci.

Unknown mengatakan...

gan kalau pake yang alami bisa tidak,, pake tumbuhan apa? trmksh

Unknown mengatakan...

kelinci aku kayaknya juga kena flu, dengan hidung dan bawah mulut berair kaya gambar diatas, tapi kelincinya tetep mau makan tuh? padahal q da ngasi makanan kaya wortel, kangkung an sayur yang lain. kandangnya bersih ga basah dan didalamnya q kasih lampu lima watt biar kalo malam ga dingin.

Unknown mengatakan...

kalo pake obat yang biasa manusia pake bisa gak gan?, kelinci saya juga pilek :(

Unknown mengatakan...

kalo pake obat yang biasa manusia pake bisa gak gan?, kelinci saya juga pilek :(

Unknown mengatakan...

Kelinci saya juga pilek, untuk obatnya yang tidak suntik ada gag ya? Kalau beli di pet shop ada gag ya?
Terus kalau di mandikan boleh gag?

Unknown mengatakan...

Kelinci saya juga pilek, untuk obatnya yang tidak suntik ada gag ya? Kalau beli di pet shop ada gag ya?
Terus kalau di mandikan boleh gag?

Unknown mengatakan...

Kelinci saya juga pilek, untuk obatnya yang tidak suntik ada gag ya? Kalau beli di pet shop ada gag ya?
Terus kalau di mandikan boleh gag?

Unknown mengatakan...

Keren-keren infonya,, untuk berbagi informasi lain seputar kelinci dapat juga dengan mengunjungi http://cybiel.blogspot.com/ terima kasih.

Unknown mengatakan...

Kelimci saya juga lg pilek, tp napsu makan baik2 aja cm agak pasif aja, d ksh ap ya?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr wb..Pak kondisi kelinci saya persis spt itu..gimana beli obatnya...makasih ya

Anonim mengatakan...

Pesen obatnya d mana karena kondisi kelinci saya juga sama

Cahaya Bidadari Syurga mengatakan...

Sy gk koment dan tny....percuma gk ada blsn.

Unknown mengatakan...

Krm ke jakpus brp pak sampe tempat...??

Posting Komentar