Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 0821 8360 2630 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Minggu, 13 Juni 2010

Buat Sendiri Tempat Minum Kelinci versi-1

Bagi para pecinta Kelinci, selain tempat makan, yang harus disediakan juga tempat minumnya. Untuk tempat minum ini ada beragam macam dan bahannya. Apabila kita pergi ke pet shop, maka akan ditemui tempat minum dengan berbagai jenis penyediaan air minum, ada yang ditampung di wadah plastik, bentuk tabung terbalik seperti tempat minum buat ayam ada juga tempat minum botol kaca dan plastik dengan tempat mengisap seperti tempat minum anak TK. Dan yang paling polular adalah tempat minum yang dilengkapi dengan stoper ( di dalam pipa sedotannya ada bola besi), sehingga sangat disukai kelinci.
Untuk jenis yang terakhir dilihat dari fungsinya cukup praktis, karena tidak akan mudah bececeran karena diacak-acak oleh hewan peliharaan kita. Selain itu kita juga bisa mengontrol pemberian minum karena air yang ada di botol dengan jelas kelihatan sehingga pemberianya bisa sesuai dengan takaran kebutuhan hewan peliharaan kita.
Hanya sayang, tidak semua toko yang menjual perlengkapan hewan peliharaan menyediakan jenis ini. Kalaupun ada biasanya harganya cukup mahal terutama yang dari botol kaca.

Namun jangan kahawatir kita bisa buat sendiri tempat minum tersebut dari bahan bekas di sekitar kita. Selain murah dan bermanfaat, juga sekalian hitung-hitung melestarikan alam dengan daur ulang.

Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  • Botol Bekas,
    ukuranya disesuaikan dengan hewan peliharaan kita. untuk jenis kucing, kelinci, landak dan hewan peliharaan sejenisnya bisa menggunakan botol ukuran 600 ml atau yang lebih besar. untuk hewan peliharaan yang lebih kecil atau anaknya semisal hamster, tikus, atau sejenisnya maka bisa digunakan botol kecil misalnya botol kaca bekas minuman penambah stamina.
  • Selang kecil dengan diameter menyesuaikan dengan ukuran botolnya
  • Lem untuk perekat

Cara membuatnya :
  1. Buat lubang di tutup botol
  2. Masukan selang ke tutup botolnya
  3. Rekatkan dengan lem sampai dengan benar-benar kuat dan tidak bocor (gambar 1)
  4. gambar-1
  5. Masukkan air lalu pasang tutup yang sudah diberi selang
  6. Balikan botol, lihat apakah airnya menetes atau tidak, kalau airnya menetes berarti masih ada celah yang bocor atau menutupnya kurang rapat (gambar 2)
  7. gambar-2
  8. Kalau sudah dipastikan tidak menetes, baru dipasang di kandang tempat hewan peliharaan kita (gambar 3)
gambar-3


Anda bisa baca artikel lain tentang Buat Sendiri Tempat Minum Kelinci versi-2


source:http://tatanggustawan.blogspot.com

Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

18 komentar:

dna guitar made mengatakan...

mau tanya om...
ujung selangnya dikasih apa biar airnya ga menetes terus..??

thanks

setyo mengatakan...

iya itu gan gimana dengan ujung selangnya biar airnya g netes..

Anonim mengatakan...

iya bener tu,,,,gimana supaya gak keluar terus airnya....????????

firman mengatakan...

iya gimana ih kasi tau donk

naldi mengatakan...

kurang lengkap cara nya

Anonim mengatakan...

Untuk semua yg komentar di atas saya, sudah dicoba bikin belum? Saya sudah coba bikin dengan 4 macam botol {aqua, fanta, teh(lupa merek apa), dan pocari), yang paling pas ya botol pocari. Untuk selang pakai selang kecil yang bisa didapat dari toko bahan bangunan (kebetulan di rumah banyak). Catatan: selang kepanjangan, air malah susah keluar; selang terlalu pendek, air netes terus. coba2 sendiri yang pas ya. saya coba sekitar 10-15 cm, seperti di gambar di atas.
Terima kasih atas artikel ini, om.

Abu Syafwan mengatakan...

Selamat yg sdh berhasil mencoba. untuk ujung selang memang tdk perlu ada perlengkapan tambahan tinggal penyesuaian panjang pipa.Kalau mau bagus lagi gunakan pipa alumunium bekas antena TV (kan ada pipa kecil2 untuk siripnya itu) nah itu bs digunakan juga, kalau mau kreatif pakai mimis/bola besi terus ujung pipa diketok menggunakan mur baut.

Anonim mengatakan...

Om ths buat cara yg simpelnya!!! sy akan cb. Om bisa dapat alam emal atau FB nya klu sy ada masalah sy bs cpt hubunginya. thxxxxx
by : Natalia Siregar dr Papua Kota Timika

Abu Syafwan mengatakan...

Wah..salam kenal buat Natalia, gmn perkembangan kelinci di Timika mudah2an rame ya. untuk berkomunikasi dengan saya email : abusyafwan@hotmail.com atau di FB kelinci wong kito Bisa juga bergabung dalam diskusi di komunitas kelinci : rabbit hobbies commnunity

zeichi99 mengatakan...

om pke nya selalg biasa?

zeichi99 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Abu Syafwan mengatakan...

bisa selang 5/8" atau kalau ada pipa bekas antena TV lebih bagus.

si tanpa nama mengatakan...

i2 tempat minum bisa untuk hamster jga ??

rijal uddien mengatakan...

selangnya mlah dmakan,trus gimana klnci mnum dari botolnya disedot apa di jlat soalnya airnya kadang ngalir terus kadang jga mampet

Abu Syafwan mengatakan...

memang ada type kelinci yg agak afresif terutama jenis REX jangankan selang plastik, yg dari alumunium aja habis sobek2 digigitnya.

rijal uddien mengatakan...

trus ada tempat minum yang lain ga?mohon bantuannya

Kang Ucup mengatakan...

terima kasih ilmunya, saya lagi merintis beternak kelinci nih mas :)
salam kenal :)

Arusta Tamrin mengatakan...

wah, makin banyak pembudidaya kelinci... thx untuk infonya, yuk terus berbagi... salam dari Solo.

Poskan Komentar