Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Kamis, 01 Desember 2011

Memeriksa Bayi Kelinci disusui Induknya


Bagi yang baru memelihara kelinci, maka ketika mendapati kelincinya beranak pasti akan panik tatkala melihat indukan ngga masuk kotak karena mereka berasumsi baby kelinci dibiarkan oleh induknya gak disusui sebagaimana yang sering terlihat pada induk ayam, itik, anjing, kucing, dll.
Kelinci mempunya karakteristik yang berbeda dalam merawat anaknya. Di alam bebas prilaku seperti ini memang diperlukan oleh kelinci untuk mempertahankan kelangsungan hidup bayi-nya dari predator, jadi induk harus bersikap diam dan cuek seolah-olah tidak ada bayi nya untuk menghindari kecurigaan predator. Kenapa ? karena kelinci bukan hewan pemangsa jadi dia bukan type petarung sehingga untuk menyelamatkan diri dan keturunan hal yang mungkin dilakukan adalah diam.
Indukan akan melakukan tugas keibuannya untuk merawat atau menyusui bayinya yang belum keluar kotak pada malam dan menjelang subuh saja dan menyusui hanya dalam beberapa menit saja. Sehingga kita merasa seolah-olah si induk tidak mau menyusui anaknya.
Tetapi ada juga induk kelinci yang memang tidak menyusui bayinya karena faktor stress (biasanya indukan yg baru pertama kali melahirkan) atau ada penyakit pada induknya.
Hal yang mudah memastikan bayi kelinci disusui induknya atau tidak adalah dengan memeriksa kondisi tubuh si bayi.


1) lihat bentuk tubuh kalau kencang/gendut, pada gambar di atas berbentuk seperti katak, kalau dibalikkan terlihat punggung bayi maka terlihat seperti gambar di bawah ini, maka pasti disusui

 
2) badan kelinci hangat
3) kulit bayi tidak memanjang/berkeriput, kalau keriput disekitar tulang rusuk maka pasti tidak mendapat asupan susu
4) lihat bagian hidung biasanya terlihat butiran-butiran putih bekas susu yang sudah mengering

Nah..jika semua indikasi tersebut Anda pahami maka tidak akan panik lagi kalau kelinci Anda tidak menyusui bayinya.

Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

6 komentar:

Encun Ajah mengatakan...

kalau induknya tidak mau menyusui,bagaimana?????

Encun Ajah mengatakan...

saya punya kelinci yang baru beranak 1x, tp tidak mau menyusui anaknya........

afif mengatakan...

Makasih berbagi ilmunya. Kebetulan lagi punya kasus yang sama. Membantu sekali 👍

Fikri Nuha mengatakan...

Thanks a lot bang

Unknown mengatakan...

kalau dipegang anaknya maka induknya memakan anaknya jadi bgmna cara memastikan klw disusui induknya

AM Furnitur mengatakan...

Kasus di saya,induk kelinci selalu kencing di kotak box anakannya,disetiap saya ganti kain penghangat, induk kelinci kencing lagi di kotak box anaknya,apakah normal?

Posting Komentar