Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Kamis, 01 Desember 2011

FlyStrike.



Pernahkah Anda melihat kelinci dibagian kemaluannya terjadi luka seperti koreng dan bahkan mengeluarkan belatung, jika ciri-ciri tersebut Anda temui maka itulah yang dinamakan penyakit FlyStrike. 

Penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena sanitasi dan kondisi kandang yang kotor. Kelinci kotor dengan kotoran atau urin yang bercampur akan menjadi resiko tinggi dari kondisi ini. Lalat dapat bertelur pada area kandang dan area kelamin kelinci yang basah atau kotor (biasanya disekitar daerah genital), telur ini kemudian berkembang menjadi belatung yang akan memakan daging kelinci yang semakin hari semakin parah. Untuk itulah penyakit ini dikenal dengan nama FlyStrike. Kondisi ini biasa terjadi di musim kemarau. Sehingga kebersihan kandang menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk menghindari resiko terserangnya kelinci akan penyakit ini.

Kelinci mengeluarkan kelenjar bau yang jika dalam keadaan abnormal maka bau ini yang akan merangsang lalat untuk menempelkan telurnya ke area tersebut. Gambar di bawah ini menunjukkan bagian yang mulai terkena iinfeksi flystrike.



Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan cara mebersihkan bagian area yang sakit dengan air hangat dicampur antiseptic, buang belatung yang ada dengan pinset. setelah itu lakukan pemberian obat luka. Injeksi dengan antibiotik berspectrum luas untuk membasmi bakteri gram positip dan negatip.Dalam beberapa hari sudah pulih kembali.


Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

antibiotiknya klo beli di apotik namanya apa ya?
htr nuhun

Posting Komentar