Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Rabu, 01 Juni 2011

Grooming Kelinci.........

Kelinci akan memiliki nilai disamping karena lucunya adalah karena keindahan bulunya. Corak warna dan kesehatan bulu kelinci akan menjadi daya tarik sendiri. Kelinci khususnya yang memiliki bulu panjang ( dari jenis loop : English Angora, Fuzylop, Angora lop, Holland Lop,American Fuzylop, dll) memerlukan perawatan bulu yang intensif karena bulu-bulu yang panjang sangat mudah kusut, gimbal yang disebabkan karena faktor air,kelembaban udara maupun dari keringat kelinci.

Disini saya akan tunjukkan beberapa perlengkapan standar yang perlu dimiliki oleh kita yang memelihara kelinci dengan bulu panjang agar memudahkan kita dalam memberikan perawatan bulu terutama untuk fungsi grooming.

Perlengkapan grooming Standar
  Gunting Curve

Saya menyarankan menggunakan gunting curve yang bentuknya melengkung dan pada bagian ujung runcing. Gunting ini sangat membantu saya ketika melakukan grooming untuk fungsi melepas bulu yang gimbal, dimana fungsi ujungnya yang runcing dapat menusuk bagian bulu yang gimbal untuk kemudian dibelah. Setelah bulu yang gimbal terbelah maka mudah untuk mengurainya. Nah untuk bulu gimbal yang sudah tidak memungkinkan untuk dibelah maka fungsi lengkungan dapat dipakai untuk memotong sampai ke pangkal bulu dimana posisi melengkung menghadap ke arah bulu ( bukan ke arah daging), dengan posisi ini maka dijamin pada saat menggunting tidak akan mengenai daging/kulit kelinci. Hal ini sebelumnya tidak saya dapatkan ketika saya menggunakan gunting biasa dengan bentuk datar (biasanya kulit kelinci selalu terambil/terluka kalau saya grooming). Gunting ini dapat Anda peroleh di toko perlengkapan kesehatan, waktu itu saya beli seharga 25ribu rupiah berbahan stainless steel, Germany.


Sisir Grooming

Sisir ini berfungsi untuk menghaluskan dan mera[ikan bulu kelinci sehingga kelinci akan nampak cantik/gagah dengan bulu yang rapih. Tips dari saya, untuk membuat bulu terlihat megar maka taburkan bedak bayi/talk ke bulu kelinci kemudian sisir. Walaupun tidak di grooming karena bulu gimbal.kusut maka menyisir bulu kelinci sebaiknya dilakukan 3 hari sekali (paling lama 1 minggu sekali), syukur2 bisa tiap hari.untuk menghindari kusutnya bulu.
Blower


Blower merupakan perlengkapan grooming yang cukup banyak membantu dalam merawat bulu kelinci agar mengembang dengan baik. Fungsinya meniupkan udara hangat sehingga bisa menjangkau bagian bulu terdalam dan membuatnya menjadi kering sehingga bisa memecah bulu yang kusut.

Pet Clipper

Nah yang terakhir ini adalah pet clipper atau alat cukur elektrik. Berfungsi untuk merapihkan bulu atau jika kita ingin mencukur habis bulu kelinci yg sdh gimbal/kusut parah sehingga akan didapat bulu baru ketika sudah tumbuh kembali. Tapi hati-hati jika ingin memiliki pet clipper, pastikan pet clipper ini bisa berfungsi untuk memotong bulu kelinci yang halus. Alat sejenis untuk memangkas rambut manusia tidak dapat digunakan untuk bulu hewan. Jadi jangan sampai anda membeli barang yang tidak dapat digunakan untuk hewan kesayangan anda.


catatan : gambar yang digunakan dalam postingan ini diambil dari internet

0 komentar:

Posting Komentar