Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Senin, 30 Mei 2011

Flu Pada Kelinci


Flu, Pilek, Influensa bisa terjadi pada kelinci baik yang masih anakan maupun yang sudah dewasa/indukan. Penyebabnya adalah virus influensa dimana jika kondisi tubuh si kelinci kurang prima, maka flu/pilek ini akan mudah menyerang. Flu/Pilek, biasa ditandai dengan keluarnya cairan dari hidung kelinci (hidung selalu tampak basah), seringnya bersin pada kelinci. Perlu dibedakan ya..kalau yang basah pada bagian mulut, maka itu bukan karena Flu/Pilek tetapi itu akibat gangguan pernafasan ( bisa bronchitis, pernafasan akut,CRD)..
Flu/Pilek dapat disembuhkan, dan berdasarkan pengalaman di peternakan Kelinci Wong Kito, adalah sebagai berikut :

1. Secara traditional : -  usapkan pada bagian hidung remasan bawang putih, -  minumkan vitamin C atau bisa saja juice buah yang banyak mengandung vit C -  jemur di panas matahari pagi

2. Menggunakan obat kelinci : biasanya saya menggunakan Flumovet F atau enrofloxacin (merk dagang bisa enroten berupa sediaan bubuk atau limoxin berupa injeksi)

Berikut saya cuplikkan shaing tulisan dari Raf's Bunnies Rabbitry di status FB KHAS
Tadi pagi anakan usia 1 bulan ketahuan kena pilek. Karena masih bercampur dg induk dan saudaranya maka minumannya saya berikan enrofloxacin 0,1 ml : 0,5 Ltr air mnum. Selain itu Saya jg mencampur enrofloxacin 0,1 ml : 0,5 L air minum dan saya taruh di gelas, kmudian saya spet pagi 2x1 ml. Siang 1x1 ml dan sore td 1x 1 ml. Hal tsb saya lakukan ( spet lsg ke anakan ) sbg langkah antisipasi jika Do'i ga mau minum. Malam ini saya cek, pileknya ga keluar kaya td pagi, dah mengering dan nafsu makan cukup stabil ( td pagi smpat ga mau makan rumputnya, siang sudah mau makan rumput, malam ini mau makan rumput dan pelet ). ;)
Silahkan pilih cara mana yang memungkinkan Anda lakukan, dan jangan lupa berdo'a untuk kesembuhan kelinci kesayangan Anda. Salam Kelinci luar Biasa.

1 komentar:

Rafsbunnies mengatakan...

Pilek juga bisa disembuhkan dengan obat ug mengandung enrofloxacin ( oral ).
Aturan pakainya :
- campurkan 0.5ml enrofloxacin dgn 1 Liter air minum.
- berikan selama 3-5 hari berturut-turut.
- ulangi 7 hari kemudian bilamana perlu.

Posting Komentar