Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Senin, 10 Januari 2011

Bulu Kelinci Rontok akibat Fur Mites


  Kelinci Yang Terkena Fur Mite

Mungkin Anda pernah mengalami dimana keadaan kelinci Anda bulunya rontok seperti gambar di atas. Kalau belum pernah maka artikel ini bisa jadi pengetahuan Anda jika suatu saat mengalami hal ini dan Anda tahu cara mengatasinya. Karena di Kandang saya baru saja mengalami hal ini, dimana bermula dari anakan kelinci umur 3 bulan sebanyak 3 ekor, kemudian menular ke kelinci pejantan umur 1 tahun dan indukan yang sedang bunting.



Mari kita pahami lebih jauh tentang apa penyebab terjadinya kerontokan bulu pada kelinci seperti gambar di atas. Kelinci dapat dijangkiti oleh parasitovorax atau tungau kulit seperti Cheyletiella dan gibbus Leporacarus. Parasit ini ditemui di seluruh dunia dan banyak ditemui pada kelinci, tetapi juga kucing dan anjing.



Parasit Cheyletiella hidup dalam hubungan erat dengan lapisan keratin kulit tetapi mereka tidak bersembunyi ke dalam kulit. Hal ini diduga bahwa tungau mungkin ada asymptomatically dalam jumlah kecil pada kelinci sehat. Perkembangan dari telur menjadi tungau dewasa terjadi pada host kelinci yang sama. Betina bertelur dan tongkat mereka untuk rambut sekitar 3 sampai 4 mm di atas kulit. Siklus hidup memakan waktu sekitar 5 minggu di bawah kondisi yang optimal.






Tanda-tanda klinis

Tungau Fur muncul terkait dengan musim / ketika cuaca menjadi lebih dingin, kurangnya vitamin C akibat stres, atau karena adanya penyakit yang mendasari, yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Keberadaan tungau bulu tidak selalu mudah untuk dilihat. Saat ini, parasitovorax Cheyletiella paling mungkin ditemukan pada dorsum dan leher kelinci, dimana hal itu menyebabkan ketombe dan kondisi (gatal) pruritic. Gibbus 
Leporacarus ditemukan terutama pada punggung dan perut. Bulu tungau dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas (gatal).
Tanda-tanda phisik dapat dilihat pada kulit kelinci yang menipis/terjadi kebotakan masal, dan sekilas dapat terlihat seperti adanya ketombe.
 


Diagnosa
Diagnosis yang diperoleh melalui pengamatan mata sangat sulit dan secara visual tidak selalu cukup untuk mengkonfirmasi keberadaan tungau telinga. Deteksi dengan menggores kulit (dangkal jika tungau bulu yang dicurigai, dalam bila tungau menggali/mengorek  yang dicurigai), atau metode aspirasi vakum pada kertas filter. Sampel dari Scraping atau aspirasi harus tersebar pada kaca mikroskop, dilarutkan dalam KOH, dan diperiksa di bawah mikroskop. Great adalah kesempatan untuk melihat setidaknya satu kutu atau larva atau telur. Bulu juga dapat diambil sebagai contoh/sampel, dilarutkan dalam KOH, dan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat  keberadaan telur. Jika tidak ada tungau hadir dalam sampel pertama, tempat-tempat lain pada tubuh harus diperiksa. Jika kehadiran tungau yang menggali dicurigai, tetapi tidak ditemukan setelah menggores kulit dalam, biopsi pada daerah yang dicurigai kutu kutu disarankan.

 Pada Bulu Terlihat Ada serbuk putih



Pengobatan

Tungau Fur dapat dibasmi dengan obat ivermectin. Pemberian obat dapat dilakukan selama 3 kali dengan interval 10-14 hari. Ivermectin juga dapat digunakan secara topikal (langsung pada kulit).Pemberian ivermectine tidak diperbolehkan untuk kelinci yang sedang bunting dan menyusui karena akan sangat berpengaruh pada janin kelinci dan air susu kelinci.

Hati-hati dalam menggunakan obat yang mengandung Fipronil, meskipun fipronil (Frontline ® - Merial) adalah efektif dalam menghilangkan sp Cheyletiella, produsen melarang penggunaan Frontline ® pada kelinci.. Efek samping yang serius (depresi, anoreksia, kejang, kematian) telah diamati pada kelinci, khususnya kelinci muda atau kecil.
Pengobatan dengan cara memandikan tidak efektif membunuh tungau. Selama perawatan lingkungan, kelinci harus dipisahkan/karantina dari koloni kelinci lain untuk meghindari bahaya kontak/penularan.
Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya

13 komentar:

dicky mengatakan...

salam kenal,nama sya dicky
kalau pake obat wormectin bisa apa nggak gan.....????

kalau ivermectin,obat injek juga y gan....????

mhon dibalas,krena klinci sya ada yang terserang tungau itu...

trimakasih sebelumnya.....

Abu Syafwan mengatakan...

@dicky
pake wormectine bisa ttp seberapa efektif saya kurang tahu. ivermectine ini nama generik obat kalau merk dagang bisa ivomec, intermectine, kepromec. Penggunaa antibiotik yg tidak sesuai dengan aturan pakai akan menyebabkan kelinci resitance thd obat antibiotik yg berakibat sulit utk menyembuhkan penyakitnya. Utk itu penggunaan antibiotik harus benar2 sesuai anjuran dan diagnosa yg tepat.

uthie mengatakan...

mw nanya, gan, kalo penyakit ini bisa diobatin pake obat oral ga, coz ga berani nyuntik, terus biar bulu ga rontok ada vitaminnya ga?
makasih

Abu Syafwan mengatakan...

@uthie, penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat oral KEPROMEC. untuk mencegah kerontokan yg disebabkan oleh parasit maka jaga kebersihan kandang, usahakan kandang terkena sinar matahari. Kalau dari sisi gizi sebaiknya gunakan pelet/pakan dengan kandungan protein tinggi, misal guyofeed dan SKR 214.

meirina mengatakan...

kelinci aku ketombean kepalanya.. jadi rontok.. kasian..:-( invermectin itu bisa didapat dmna ya? apakah bisa sembuh sendiri kalo gk diobati? tidak cukup dengan vitamin saja ya? thanx. :)

Unknown mengatakan...

Obatnya bisa dibeli dimana..?

Unknown mengatakan...

klo kelincinsy bulunya rontok waktu di elus2..itu wajar en normal gAk ya?

Unknown mengatakan...

Kelinci saya bulu kakinya rontok terus kering gitu, itu kenapa ya? Terus ada obatnya gak? Mohon di balas

Unknown mengatakan...

Kelinci saya juga rontok pd bagian atas leher itu apa terkena penyakit yg sama seperti blog ini??untuk pengobatanya beli dimana?karna pet shop ditempat sya jarang menjual obat2an kelinci ?? Thanks and info pleasee

Abu Syafwan mengatakan...

Obat penyakit pada artikel ini dapat menggunakan injeksi (wormectin, intermectin, ivomectin ) atau yang oral dengan cara diminumkan Kepromec Oral.
Kepromec oral dapat diperoleh dengan menghubungi kami

Unknown mengatakan...

Kalau kelinci nya lagi hamil obatnya gimana ya?

evelin cornelia mengatakan...

Yah .. bulu kelinci saya putih gimana liat serbuk putihnya dong :v
Tapi ada pitak bagian atas leher :')

ericcaw mengatakan...

masi bingung sii sma nama obatnya. trus dosis yang harus dikasi kelinci usia 5bulan.trus juga saya kan baru tau kelinci kaya kaya ada ketombenya gtu tapi dia gerak ketombenya banyak bgt sampe geli saya liatnya apa itu dosis yg harus dikasi banyak apa gmna?

Posting Komentar