Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Minggu, 29 Mei 2011

Kelinci Tidak Mau Makan, Ada apa ?

Pecinta kelinci baik yang sudah lama memeliharanya maupun pemula pernah mengalami kondisi seperti ini. Saya coba membuat coretan disini, yang mudah-mudahan bisa membantu para pecinta kelinci. Coretan ini sepertinya perlu saya buat karena begitu seringnya saya mendapat pertanyaan dari temen-temen penghobby kelinci.

Kelinci yang biasanya ceria, makan banyak tetapi tiba-tiba mengalami penurunan nafsu makannya bahkan ada yang ekstrim dengan tidak menyentuh makan sama sekali. Penanganan yang harus dilakukan adalah dengan melihat apa penyebabnya terlebih dahulu.
Kondisi mogok makan kelinci bisa disebabkan faktor stress, faktor psikologis, bosan dengan menu yang ada atau ada gejala penyakit yang dideritanya.

Kita Coba urai sedikit

1. Faktor Stress, lho koq bisa. Kelinci adalah hewan yang gampang sekali stress yang diakibatkan oleh faktor eksternal (predator seperti kucing, anjing, bising seperti suara kucing yang berantem/kawin, suara gonggongan anjing , kondisi kandang).Stress juga bisa terjadi pada kelinci dalam perjalanan jauh. Sehingga jika kondisi stress yang cukup tinggi akan menyebabkan kelinci mogok makan.

2. Faktor psikologis, kelinci tidak mau makan biasanya pada saat kehamilan tua atau menjelang beranak. Beberapa kelinci dalam 2 atau 3 hari sebelum melahirkan akan tampak gelisah dan malas makan. Begitu juga ketika sehabis melahirkan biasanya pada 2 sampai 3 hari akan terjadi kondisi tidak mau makan.

3. Faktor penyakit, ada beberapa penyakit yang menyebabkan nafsu makan menurun seperti scabies yang sudah parah, furmate, cacingan. Kembung merupakan penyakit menakutkan bagi pemelihara kelinci karena dapat menyebabkan kematian, dan kondisi kembung ini biasanya terdeteksi dengan gejala kelinci tidak mau makan, posisi badan selalu membungkuk menahan perut sakit, perut membesar. Penyakit lain adalah diare/mencret, kalau kelinci sudah dalam kondisi diare akut makan terkadang hanya dalam hitungan jam saja kelinci sudah mati. Setelah pulih dari diare juga dapat mengakibatkan kelinci malas makan.


Nah..kira-kira gimana penanganannya jika 3 faktor tersebut sudah bisa kita pastikan ya...Ok tunggu ya nanti kita lanjutkan lagi.

1. Jika kelinci tidak mau makan karena stress sebenernya tidak terlalu bermasalah karena dalam beberapa hari dia akan pulih kembali. Namun perlu juga dibantu dengan meberinya minum madu, gula merah, atau bisa juga dicoba madu yang diminumkan langsung ke kelincinya. Khsusus stress yg disebabkan oleh gangguan eksternal, ya faktor gangguannya yang perlu diminimalkan.

2. Kondisi mau beranak atau pasca beranak, menyebabkan kelinci mogok makan. tetapi hal ini tidaklaha membahayakan, asal pakan rumput atau pakan yang disukai kelinci serta air minum tetap tersedia.

3. Jika faktor penyakit yang menjadi pemicu tidak mau makannya kelinci, maka perlu diobati penyakit tsb.

Nah..dari beberapa kriteria tsb kalau tidak ada tanda-tanda penyakit tetapi kelinci tidak mau makan biasanya saya antisipasi dengan pemberian obat anti kembung (bisa permethyl, enroten, atau obat manusia spt waisan, promaag,antangin cair) + madu. Anda juga bisa memberi Vitamin B12 (beli aja vit dari IPI yang murah), Untuk memancing nafsu makannya lagi bisa diakali dengan pemberian buah apel sebesar 1 sendok makan atau juice buah vita rasa aple, bisa juga diberi buah pisang masak. Biasanya langsung oke.Selamat mencoba.

20 komentar:

Unknown mengatakan...

INDUK punya saya gak mau makan . . dia lagi nyusi anak-anaknya. gimana kang ? jawab ya

Unknown mengatakan...

bagaimana cara ngasih obat maag, antangin atau waisannya? mhn informasinya

paul mengatakan...

ya ya ya thx

Unknown mengatakan...

kelinci saya ga bisa berdiri kaya lumpuh gitu dan gak nafsu makan juga. kira-kira solusinya apa ? mohon informasinya

Unknown mengatakan...

Kok kelinci sy sering diam dan gak mau makan itu knp ya. Tlng yg tau d balas

Unknown mengatakan...

Klo saya kmaren pke spet suntik tanpa jarum neng..

Unknown mengatakan...

Itu kurang kalsium mbak,dlm pemberian pakan bisa d tambahkan sedikit garam..

Unknown mengatakan...

Bli vitamin B12 dmn?
IPI artinya apa?

APRILISA ARUM SARI mengatakan...

Kelinciku gamau makan terus di musuhin teman kandangnya , solusinya?

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

dipisahin dulu mbak,trus dikasih madu/biorex...

Anonim mengatakan...

dipisahin dulu mbak,trus dikasih madu/biorex...

Anonim mengatakan...

kalo gw biasanya pake vitamin biorex mbak

Unknown mengatakan...

kelinci saya mati nafsu makan nya kurang sampe kurus kasian liatnya 😭😭

Micro work for warning blog mengatakan...

kelinci betina punya saya kurang nafsu makan gan setelah dikawinkan itu kenapa y ??

Wilwil mengatakan...

Caranya ngasih vitamin B complex dari opo takarannya gimana mas

Wilwil mengatakan...

Caranya ngasih vitamin B complex dari opo takarannya gimana mas

Unknown mengatakan...

Kalo kelinci nya diem trus gamau makan itu kenapa ya ? Kelinci nya masih 2 bulanan

Unknown mengatakan...

minta tolong dong, kelinci saya kurang nafsu makan sampai berat badannya turun drastis. terus suhu tubuhnya ditelinganya menjadi agak lebih sedikit gak panas dibandingkan dengan kelinci saya yang lainnya, dia terkena jamur, dan saya akhir akhir ini juga jarang memperhatikan karena ada urusan kuliah, ada solusinya?

Unknown mengatakan...

Takarannya gimana om?

Posting Komentar