Tempatnya Hobies, Peternak dan Pecinta Kelinci Mencari Info dan Kelinci Berkualitas di Kota Palembang. Kami juga menyediakan Obat-obatan dan pakan kelinci dengan harga yang terjangkau. cp: Abu Syafwan email: safwanabu0@gmail.com, G-talk : safwanabu0@gmail.com, Facebook : kelinciwongkito atau abu syafwan phone: 081 220 247 414 Beberapa Gbr di Blog ini ada yg diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya. Tks

0212345545

0212345545

113-00-0644220-0

113-00-0644220-0

Kandang Galvanis

perlengkapan kandang

Obat Scabies Minum

Pelet Kelinci

Rabu, 16 Juni 2010

Mengatasi Penyakit Scabies pada Kelinci


Kutu Scabies



Kelinci Yang Terkena Scabies

Scabies adalah sejenis kutu yang ukurannya mikroskopik. Mereka bersarang di bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan gatal.Kelinci yang terjangkit akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek. Ciri-ciri kelinci yang terjangkit. Pada bagian yang terjangkit terdapat kerak seperti ketombe. Kalau di kaki, ditambah dengan pembengkakan sehingga kuku terlihat seperti mau copot. Pada bagian kuping bahkan pinggirannya hilang terpotong-potong oleh kutu. Seiring parahnya penyakit, pembengkakan akan semakin parah ditambah luka dan menyebabkan kelinci tidak nafsu makan dan tidur yang pada akhirnya bisa berdampak pada kematian.
Pemberian pakan berupa rumput-rumputan bisa merupakan sumber penyakit scabies. Tapi lebih dominan akibat kotornya kandang, karena akan terjadi rembetan penularan dari kandang satu kekandang yg lain, dari kelinci satu kekelinci yg lain atau infeksi secara berulang. Jadi pada saat kelinci diberi obat, kandang juga harus disucihamakan,
Pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi scabies adalah:

1. Bersihkan kandang setiap hari
2. Buang pakan hijauan yang tidak habis selama sehari
3. Atur sanitasi kandang sebaik mungkin, jangan terlalu lembab dan terlalu panas yang sedang-sedang saja/ suhu ruangan
4. Bila kelinci terjangkit, maka pisahkan dengan yang lainya karena penyakit ini menular

Bagian tlinga kelinci yang terkena scabies

Beberapa cara mengobati penyakit scabies pada kelinci :

1. Pemberian obat berupa salep : jika penyakit korengan/scabies masih dalam tahap ringan bisa digunakan salep kulit yang biasa dipakai oleh manusia seperti salep kulit 88 (harganya sekitar Rp 5000). Atau salep khusus seperti scabimied/scabicid. caranya : bersihkan pada bagian yg sakit dengan air hangat ( kalau bulunya kepanjangan bisa dicukur dulu),lalu oleskan 2 atau 3 kali sehari secara rutin setiap hari. Cara ingin agak kurang maksimal jika scabies menyerang bagian kaki dan badan yang ditumbuhi bulu karena sulitnya salep menjangkau seluruh bagian yang ada kutunya disamping itu salep akan dijilati oleh kelinci. Untuk bagian kuping masih memungkinkan pemberian salep ini.

2. Memandikan dengan cairan belerang : mandikan kelinci dengan air yg sudah dicampur belerang, namun belerang jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan kulit kering. cara memandikan juga biasanya dinilai kurang efektif karena kelinci akan stress jika dimandikan.

3. Pemberian antibiotik untuk membasmi kutu scabies. Obat yang langsung diminumkan ke kelinci dengan merk dagang Kepromec (tiap ml mengandung ivermectine 10 mg). Cara pemakaian bisa diminumkan langsung atau di campur ke air minumnya. Dosisnya 0.03 ml / kg berat badan diberikan 2 hari berturut - turut. Pengalaman pada hari pertama pemakaian kelincinya sudah sering garuk2 ( kutunya mulai teler ). Pada hari 3 - 4 scabiesnya sudah rontok semua. Pengobatan dengan oral ini cukup efektif dan mudah dalam aplikasinya dan efektifnya sama dengan cara injeksi/suntik.



                                                                            Kepromec

                             intermectine


4. Pemberian obat antibiotik dengan cara Injeksi / disuntikkan,Cara ini umum  dilakukan sebelum ditemukan obat oral ( Kepromec) karena lebih efektif dibanding dengan cara konvensional menggunakan salep. Cara ini dilakukan oleh orang yang sudah memahami cara menyuntik hewan khususnya kelinci. Obat injeksi yang sering digunakan adalah Wormectin (kemasan 2ml harga kisaran Rp17.000 20ml kisaran Rp 50.000), Ivomec (harga sangat mahal), Ivermectine, Intermectine (kemasan 10 ml harga kisaran Rp 56.000,). Dosis 0,04 ml per kg berat badan, disuntik dibawah kulit, dan hati-hati bagi Anda yang belum berpengalaman dalam hal menyuntik karena jika terkena dagingnya maka dapat menyebabkan pembusukan yang berakibat kematian. Pengalaman saya menggunakan intermectine, dua kali suntik sudah cukup, nanti setelah 3 hari mulai pada rontok kerak-kerak kutunya. Biasanya kalau dibawa ke vet, sekali suntik dikenakan tarif sekitar Rp 60.000,-


PERHATIAN !!!!  

Jika anda membutuhkan Obat Kepromec Oral dapat menghubungi 
email: safwanabu0@gmail.com, 
WA/Telegram/sms : 081220247414 



note : gambar diambil dari internet semata2 untuk tujuan penyebaran ilmu ternak kelinci, jika ada yang merasa gambarnya digunakan dalam postingan blog ini silahkan hubungi saya bisa kirim pesan di FB kelinci wongkito

66 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah obat antibiotik invermectine dijual di apotik? Harganya berapa ya? Ma'aci... ^_^

Anonim mengatakan...

trus gmn cara yuntik yang bener

Anonim mengatakan...

kelinci ku kena penyakit itu >.< kasihan.....tolong kasih saran...

Anonim mengatakan...

kelinciku sudah dibawa ke dokter sih tapi cuma disuntik sekali dan dikasih salep. katanya nanti rontok sendiri. tapi katanya salep kurang ampuh?? apa saya harus bawa ke dokter lagi biar di suntik kembali????

Abu Syafwan mengatakan...

Kepromec obat yang ampuh untuk mengatasi scabies, cara pakainyapun mudah cukup diminumkan ke kelinci dua kali aja. pemakaian obat sangat hemat.kalau di dokter paling disuntik pake wormectin yg kelasnya jauh dibawah kepromec (sekali suntik 75 ribuan, dan perlu minimal 2 kali suntik). Obat salep percuma aja, sudah capek pemberiannya, sembuh juga tidak.

rastiran mengatakan...

terimakasih infonya. kelinci saya sepertinya terjangkit scabies, krn ciri2 yg disebutnya sama. yaitu kakinya menjadi putih, lalu kukunya sperti akan keluar. namun, saya tidak tau penyebabnya, karena kandangnya cukup bersih (dengn kawat ram). tapi saya pernah kasih rumput, pelet (hatory). makanan yg saya sering kash wortel. kira2 karena apa ya ? dan saya bingung, beli kepromec di mana ??

Abu Syafwan mengatakan...

rastiran : bisa jadi dari rumput yg membawa telur parasit. kepromec kebetulan sedang kosong.

leriva mengatakan...

lalu obat kepromec tu didapatkan dimana?

ida fuadah al-adawie mengatakan...

Harg kepromec'a brp y? coz seperti'a kelinciQ jg terjangkit scabies coz pd ujung2 telinga terdpt luka seperti koreng dan mengeras/berkerak. tlg e-mail y d ida_nur19@yahoo.co.id
sm ongkir'a k jak-sel brp? Thx b'4

rizal mengatakan...

om, tolong info dimana beli KEPROMEC atau WORMECTINE di palembang ????
TQ infonya......

Abu Syafwan mengatakan...

Kepromec bisa didapatkan di kelinci wong kito di Jl.Sultan Mansyur Lrg.Sungai Itam Rt.12 Rw.4 no.1034C kel.Bukit lama kec. Ilir Barat I Palembang, ke Jakarta bisa dikirim dengan ongkos kirim 16 rb

di3ka mengatakan...

kirim kepromec ke surabaya berapa?

tlg email ke dika.sobb933@gmail.com

Mujahid Muda Community mengatakan...

kepromec harganya 1 botol ? brp tlg kirim ke curup prov bengkulu.
brp ongkir ? tlg sms saja ke 097794092899

Rakintan mengatakan...

kelinciku juga scabies, udah disuntik sama ahli kelinci ni..........hehehe udah tenang :)

Unknown mengatakan...

aku pesan 1 yah bisa kirim ke gorontalo...??
ini emailQ just_landy@yahoo.co.id dan ini nomor telpQ. 085341031313
penting karena kelinciku yang satunya sudah mati di karenakan penyakit ini :(

Unknown mengatakan...

.aq pesen satu dong, kirim ke Semarang, berapa duit ya??
.minta nomer hp dong
.ini emailQ ieshajiwil@gmail.com

Nathrah mengatakan...

aku juga mauuu.. ongkir ke pekanbaru brp ya? tlg email ke nathrah.fatih@yahoo.com

Punya Alfi mengatakan...

aku jg mau pesen,kirim kejogja dunk,email ayus.alfi@yahoo.com

Unknown mengatakan...

aku mw pesen obat minumnya dong. D palembang ni lah. Tp aku ga tw tempat kelinci wong kito itu. Bagi contak person dong. Ni cp aku081216156892. Tlg y.

Unknown mengatakan...

mas lokasi nya di palembang di mna??

Abu Syafwan mengatakan...

Alamat kelinci wong kito: Jl Sultan Mansyur lrg.lingkar /Lrg.sungai itam rt 12 rw.4 no.1034c
dekat perumahan green forest residence. kel.bukit lama kec.ilir barat 1

Radyas Outlet mengatakan...

kelinci saya mati pake obat itu

Abu Syafwan mengatakan...

Radya'S Outlet, bisa kasih info berapa usia kelinci anda. berapa dosis yg diberikan ?
kalau boleh tahu dimana anda beli obat ini.

Sahabat pecinta kelinci, obat ini termasuk obat keras jika dosis tdk kita perhatikan maka memang dapat menyebabkan kematian. dosis maksimal adalah 0,04 ml per Kg berat badan (perhatikan ya Nol Koma Nol empat jangan salah krn ada yg mengira O,4 ml). dan untuk anakan kelinci dibawah usia 2 bulan tidak boleh diberi obat ini. Belilah pada penjual yang terpercaya untuk menghindari obat sudah kedaluarsa atau sudah dicampur dengan air.

Unknown mengatakan...

harganya (kepromec) berapa gan? trus ongkir ke pekalongan berapa? ramdhan 085742780465

Yustina Hiola mengatakan...

makasih banget infonya sangat membantu

Semangatsetinggibintang.blogspot.com mengatakan...

saya pesan obatnya ke Temanggung (Jateng) ya..
info ditunggu di email: henymardayanti@gmail.com

Semangatsetinggibintang.blogspot.com mengatakan...

saya pesan obatnya ke Temanggung (Jateng) ya..
info ditunggu di email: henymardayanti@gmail.com

Semangatsetinggibintang.blogspot.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Abu Syafwan mengatakan...

Karena saya jarang membuka blog ini, maka jika ada yang membutuhkan informasi atau ingin order obat bisa call atau sms saya di flexi 07117083057.

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesan obat nya kemana yah???

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesen dong bli nya dimana ya tolong kasih tau alamat nya ya atau no p yg bisa di hub kirim ke email saya aja tofiqoktoviany@gmail.com

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesen dong bli nya dimana ya tolong kasih tau alamat nya ya atau no p yg bisa di hub kirim ke email saya aja tofiqoktoviany@gmail.com

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesen dong bli nya dimana ya tolong kasih tau alamat nya ya atau no p yg bisa di hub kirim ke email saya aja tofiqoktoviany@gmail.com

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesen dong bli nya dimana ya tolong kasih tau alamat nya ya atau no p yg bisa di hub kirim ke email saya aja tofiqoktoviany@gmail.com

tofiq oktoviany mengatakan...

saya mau pesen dong bli nya dimana ya tolong kasih tau alamat nya ya atau no p yg bisa di hub kirim ke email saya aja tofiqoktoviany@gmail.com

Anang Hariono mengatakan...

Tips MURAH dan MUDAH mengobati SCABIES KELINCI dengan BENSIN
Saya punya pengalaman unik mengobati scabies kelinci, kebetulan saya baru belajar beternak kelinci dengan membeli 6 ekor indukan yang semuanya betina sekitar 4 bulan yang lalu. Sekarang 5 ekor sudah beranak dengan jumlah bervariasi antara 5 – 11 ekor. Sekitar sebulan yang lalu seekor kelinci saya yang belum beranak terkena scabies pada kaki dan telinganya. Yang di kaki lumayan parah sampai bengkak – bengkak. Parahnya lagi, seekor induk yang telah beranak juga tertular penyakit yang sama. Setelah browsing di internet ternyata susah juga mencari obatnya. Akhirnya teringat pengalaman waktu kaki terserang kutu air. Waktu itu saya ambil kapas, lalu saya basahi dengan bensin dan menempelkan pada kaki yang terkena kutu air kemudian saya pakai kaos kaki selama 4 - 5 jam. Hal ini saya lakukan selama 2 hari. Hasilnya ternyata sembuh.
Nah berangkat dari pengalaman ini, akhirnya saya ujicobakan pada kelinci. Kaki kelinci yang sakit saya balut dengan kain bekas (jawa = gombal) yang bersih. Ikatan balutan diusahakan tidak terlalu kencang agar tidak menghambat peredaran darah dan juga tidak terlalu longgar agar tidak mudah lepas. Kaki kelinci yang sudah dibalut kemudian saya tetesi atau dicelupkan dalam bensin kemudian kelinci saya lepas di kandangnya. Jika scabiesnya lumayan parah kelinci akan menjerit – jerit sambil berusaha melepas kain balutan. Ini berlansung sesaat, sekitar 2 menit pertama, kemudian diam lagi. Biasanya balutan yang longgar akan cepat lepas. Kalau lepasnya balutan lebih dari 1 jam setetelah di tetesi bensin, saya biarkan kainnya lepas tidak usah balut lagi. Sedangkan untuk telinganya saya olesi salep kulit “NOSIB” sampai merata dan agak tebal. Salep ini mudah didapat ditoko – toko dan harganya reltif murah gak sampai Rp. 5.000,-. Hal ini saya ulangi esok harinya dengan cara yang sama. Demikian pula pada hari ke – 3. Pada hari ke – 4 semua pengobatan saya hentikan dan saya lihat hasilnya. Scabies mulai mengelupas terutama terlihat jelas pada bagian telinga, sedangkan pada kaki tidak begitu terlihat. Kira – kira dua minggu setelah pengobatan semua scabies pada kaki dan telinga mengelupas. Dan sekarang kelinci saya sehat kembali.

dn mengatakan...

Saya mau pesan kepromec 1 botol.email aku danieljr_1985@yahoo.com.lokasi saya di medan.tolong kasih kabar secepatnya.thank

RiezkhyNg mengatakan...

Maz d riau yg jual kepromec dmna y?

RiezkhyNg mengatakan...

Riau pekanbaru maz

Unknown mengatakan...

Apakah obat oral Kepromec bisa diberikan kepada anak kelinci 3 bulan?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Apakah obat oral Kepromec bisa diberikan kepada anak kelinci 3 bulan?

Unknown mengatakan...

Apakah obat oral Kepromec bisa diberikan kepada anak kelinci 3 bulan?

Unknown mengatakan...

Gan..saya mau beli kepromec nya
Jl.makrayu no 23 rt 24 rw 08 kecamatan.Ilir timur 2 keluran 30 ilir palembang..

Unknown mengatakan...

Ad efek smping ny gk mas

Abu Syafwan mengatakan...

Bisa

Abu Syafwan mengatakan...

Tidak ada krn ininobat khusus hewan

Abu Syafwan mengatakan...

Suntik hanya dilakukan ahlinya, utk yg msh awam gunakan cara aman saja

Abu Syafwan mengatakan...

Nomor kontak kelinci wongkito sekarang 081220247414 bisa wa/telegram/sms

Abu Syafwan mengatakan...

Nomor kontak kelinci wongkito sekarang 081220247414 bisa wa/telegram/sms

fanc prielie mengatakan...

frida
Aduh kelinciku udah mati 2 ekor gara-gara enggak aku tanganin dg benar saat terkena scabies.
sekarang tinggal 2 ekor, itu pun udah tererang scabies. ya walau masih biasa.


aku masih bingung cara nyembuhinnya gimana. udah aku kasih ini, itu masih aja gk sembuh2. sedih tau.
tolong ya do'anya agar kedua kelinciku itu bisa sembuh sampai punya anak 12ekor. amin... amin... amin... yaa robbal alamin.

Unknown mengatakan...

Kelinci saya kena scabies. Udah dibawa ke klinik dan d suntik tapi kok sampai sekarang masih sering garuk2 ya? Saya ga tega lihatnya. Skrg juga udah mulai ga suka makan. Kalo misal abis d suntik masih d tambahin obat minum dari kepromec bahaya ga ya? Takutnya over dosis

Abu Syafwan mengatakan...

Theresia, reaksi obat butuh waktu. biasanya 10 hari sdh menunjukkan hasil. jika tdk ada perubahan bisa gunakan kepromec oral.

Unknown mengatakan...

Kelinci ku jarinya bengkak
Cara penyembuhannya gimana?

Unknown mengatakan...

Gan minta bantuannya apa keraknya harus di bersihkan dulu keraknya law d beri salep

Micro work for warning blog mengatakan...

gan kelinci saya kok jari2 kaki kakinya GX ada bulunya dan sangat terlihat kering dan telinganya juga sepertinya terkena scabied y meskipun belum parah
itu cara ngobatinya gimana..

Unknown mengatakan...

Tolong kirim ke bogor dong kepromec nya. No saya 082298874871. Makasih banget sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Tolong kirim ke bogor dong kepromec nya. No saya 082298874871. Makasih banget sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Pesan kepromek nya dong gan...

Unknown mengatakan...

berpaan pak obatnya?

Unknown mengatakan...

Mohon info, ini obat kalau kan busa diberikan dengan jalan dicampurkan pada minumannya, kalau keminum dengan kelinci yang sepertinya tidak tertular (dalam satu kandang) bagaimana ? Apakah aman ?. Terima kasih
Karena potensi penularan dlm satu kandang cukup signifikan.

Prabowol bowol mengatakan...

Kalau kuku nya kayak mau copot,, kira kira bisa kembali normal tidak??
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Kalau sudah q kasih wormectin subkutan dan sudah 4 kali suntik itu apa boleh di tambah kepromax oral biar cepat sembuh ya?

Unknown mengatakan...

Ada gk yg jual kepromec tuk wilayah duri dan dumai Riau..???

Unknown mengatakan...

Kalo kirim ke Dumai rupat bisa GX bos,karna kelinci saya juga sakit seperti itu,

Naze?? mengatakan...

ini bukan caranya

Posting Komentar